Thursday, September 8, 2005

Indonesia, Kuba Bahas Kerjasama Perdagangan

      Jakarta, 8/9/2005 (ANTARA) - Indonesia dan Kuba membahas kerjasama bilateral di bidang ekonomi dan perdagangan dalam Sidang Komisi Bersama ke-4 Indonesia-Kuba yang berlangsung di kantor Departemen Luar Negeri RI, Jakarta, 8-9 September 2005. 
        Dalam pertemuan kelompok kerja (working group) yang dipimpin oleh Direktur Amerika Selatan dan Karibia, Deplu RI, Alfred t. Palembangan, pada hari pertama sidang tersebut, di Jakarta, Kamis, delegasi Indonesia dan Kuba sepakat untuk meningkatkan kerjasama perdagangan secara langsung, tanpa melalui pihak ketiga.

        Nilai perdagangan Indonesia-Kuba pada tahun 2004 mencapai lebih dari 1,3 juta dolar AS, yang terdiri dari nilai ekspor Indonesia ke negara Amerika Selatan tersebut sebesar 1.375.370 dolar AS dan nilai impornya dari Kuba hanya 2.352 dolar AS, sehingga Indonesia mengalami surplus sebesar 1.373.018 dolar AS.
        Produk ekspor Indonesia ke Kuba antara lain pipa besi, karet , dan kayu plywood, sedang Indonesia mengimpor komoditi non-migas misalnya minuman anggur (wine of fresh grapes) dari Kuba.
       Kendala yang dihadapai dalam upaya meningkatkan perdagangan bilateral dengan Kuba antara lain biaya angkut yang tinggi karena jarak yang cukup jauh dan kurangnya sarana dan prasarana seperti jalur kapal laut yang langsung serta bank koresponden di kedua negara.
        Kuba bermaksud untuk melanjutkan pembicaraan tentang kerjasama perbankan dengan pihak Bank Indonesia (BI) guna mendukung hubungan dagang kedua negara, ujar Pimpinan kelompok kerja pihak Kuba, Raul Tores, yang menjabat sebagai Direktur urusan Asia dan Oceania, Kementerian Penanaman Modal Asing dan Kerjasama Ekonomi Luar Negeri Kuba.

        Kedua delegasi juga membahas tentang kerjasama di bidang investasi, kesehatan dan biofarmasi, pertanian, industri gula pasir, tanspportasi laut, tekhnologi, pendidikan, olehraga, pariwisata dan media.

        Pada pertemuan lengkap Sidang Komisi ke-4 di hari kedua (Jum at, 9/9), delegasi Indonesia akan dipimpin oleh Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Arizal Effendi dan delegasi Kuba akan dipimpin oleh Wakil Menteri Investasi dan Kerjasama Ekonomi Ramon Ripoll Diaz. (T.F001/C/A027/C/A027)

No comments:

Post a Comment