Wednesday, January 14, 2004

ADB SELENGGARAKAN PEKAN AIR 2004 DI MANILA

       Jakarta, 14/1/2004 (ANTARA) - Bank Pembangunan Asia (ADB) menyelenggarakan Pekan Air ke-2 dengan tema Air untuk Rakyat Miskin: Menetapkan Aturan dan Mendapatkan Dananya, di Manila, dari tanggal 26 hingga 30 Januari 2004.
        Pekan Air itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai berbagai masalah di sektor air, khususnya menyangkut penyediaan air bagi rakyat miskin, demikian menurut sebuah pernyataan pers dari ADB yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu.

        ADB mengadakan Pekan Air Pertama pada bulan Desember 2002 dengan tema "Air bagi Semua, Membuat Kebijakan Air ADB yang Berjalan Efektif".
        Kegiatan Pekan Air tersebut antara lain meliputi diskusi sekitar masalah keterbatasan rakyat miskin untuk memperoleh akses mendapatkan air bersih.
        Beberapa pertanyaan provokatif akan dicoba dijawab, seperti Apakah ada konspirasi melawan rakyat miskin?, Apakah rakyat miskin menderita karena kurangnya hak mereka untuk mendapatkan air?, Apakah subsidi pasokan air merugikan rakyat miskin?, Bagaimana peraturan dapat membantu rakyat miskin memperoleh air?.
        Sesi diskusi juga akan membahas beberapa isu yang dapat mendorong terjadinya pergeseran pemikiran yang tradisional menuju ke pemikiran yang lebih inovatif dan membantu terlaksananya cara-cara pendanaan dan manajemen yang bersih.
        Topik-topik yang menjadi bahasan antara lain "Mengubah Kriteria Seleksi: Bekerja dengan informasi, organisasi dan pimpinan yang tepat, Mengubah Insentif dan Advokasi: Memberdayakan masyarakat sipil untuk menggerakkan perubahan, dan Mengubah Peraturan: dari pengatur yang independen menjadi yang dapat dipercaya.

        Pekan Air tersebut juga akan dimeriahkan dengan penyerahan penghargaan ADB bagi lembaga yang berhasil dalam proyek air yang didanai ADB dan kunjungan lapangan ke proyek-proyek yang dianggap baik dan patut dicontoh. (tx/f001/C/P005)

No comments:

Post a Comment