Saturday, March 15, 2003

MENKIMPRASWIL, PERTANIAN HADIRI FORUM AIR SEDUNIA

      Kyoto, 15/3/2003 (ANTARA) - Menteri Pemukiman, Prasarana dan Wilayah Soenarno dan Menteri Pertanian Bungaran Saragih akan menghadiri pertemuan tingkat menteri pada Forum Air Sedunia ketiga, yang akan berlangsung di Kyoto, Jepang, 22-23 Maret 2003, demikian penjelasan yang diterima ANTARA, Sabtu.
        Pada pertemuan tingkat Pejabat Senior yang berlangsung mulai tanggal 16 hingga 21 Maret 2003, Indonesia diwakili antara lain oleh Dirjen Sumber Daya Air (Depkimpraswil) Roestam Sjarief, Dirjen Penggunaan Air Irigasi (Deptan) Simon Himawan, Dirjen Bina Sarana Pertanian (Deptan) Ato Suprapto, Dirjen Ekubang (Deplu) Susanto dan Deputy 7 Menneg LH Masnellyati.

        Menteri dan pejabat senior Indonesia tersebut menghadiri Forum Air Sedunia ketiga atas undangan Pemerintah Jepang dan sponsor oleh ADB (Asian Development Bank).

        Tema pertemuan tingkat menteri yang akan dihadiri oleh sekitar 150 menteri dari berbagai negara dan beberapa kepala negara antara lain dari Boswana dan Palau tersebut, adalah "Menangani masalah Air melalui Pemilikan dan Kemitraan bagi Pembangunan Berkelanjutan".

        Forum Air Sedunia yang diikuti oleh sekitar 10.000 peserta dan menghabiskan biaya sebesar 10 ribu milyar dolar AS itu akan dibuka secara resmi hari Minggu (16/3) dan ditandai dengan kata sambutan oleh Putra Mahkota Jepang.

        menurut sekretaris jenderal panitia penyelenggara Forum Air Sedunia ketiga, Hideaki Ode, isu-isu kontroversial seperti pembangunan dam dan privatisasi air akan dibahas dalm Forum yang diselenggarakan oleh World Water Council (Dewan Air Dunia) ini ini. (t/f001/C/E001/15/03/:3 20:58)

No comments:

Post a Comment