Sunday, May 22, 2005

INDONESIA PERLU TONJOLKAN POTENSI EKONOMI



    Abu Dhabi, 22/5/2005 (ANTARA) -- Indonesia harus menonjolkan potensi ekonominya agar dilirik oleh para pengusaha Persatuan Emirat Arab (PEA), kata Dubes Indonesia untuk PEA Faisal Bafadal di Abu Dhabi, Minggu. 
     Ketika menerima Pemimpin Umum (PU) LKBN ANTARA Mohamad Sobary di KBRI Abu Dhabi, Dubes Faisal Bafadal mengharapkan peranan ANTARA untuk memperbanyak pemberitaan ekonomi dalam pertukaran berita dengan kantor berita PEA, WAM (Wakalat Anba'a al-Emarat).
     Berita-berita ANTARA yang dikirim ke WAM harus menonjolkan potensi ekonomi Indonesia, agar lebih banyak pengusaha PEA menjadi tahu dan tertarik untuk berbisnis dengan Indonesia, ujar Dubes. PU ANTARA M. Sobary dan Direktur Jenderal WAM Ibrahim AL-Abed, di Abu Dhabi, Minggu siang, menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) kerjasama pertukaran berita, dengan disaksikan oleh Dubes Faisal Bafadal.
      Dirjen WAM Ibrahim Al-Abed mengatakan bahwa kantor berita WAM dan ANTARA mempunyai peranan penting untuk mempererat hubungan antara kedua bangsa dan negara.
      "Yang penting bukan penandatanganan MoU ini, tapi bagaimana menggiatkan pelaksanaannya," kata Ibrahim. Sobary, yang berkunjung ke Abu Dhabi atas undangan penuh Pemerintah PEA, mengharapkan kualitas dan kuantitas berita yang dipertukarkan, khususnya berita lokal tentang ekonomi dan kebudayaan, dapat ditingkatkan.
      PEA yang berpenduduk sekitar 4 juta jiwa, merupakan negara penghasil minyak dan gas ketiga terbesar di dunia. Namun, penghasilan terbesar PEA adalah dari sektor non-minyak/gas, terutama dari jasa re-ekspor.
       ejak tahun 2003, Indonesia menyelenggarakan Indonesian Solo Exhibition (ISE) di Emirat Sharjah, PEA. Pada ISE ke-2 bulan September 2004, Indonesia berhasil menggaet transaksi dagang senilai sekitar 14 juta dolar AS. Produk-produk yang dipamerkan di ISE antara lain kosmetik, alat-alat kesehatan, jamu, kerajinan tangan, tekstil dan garmen, makanan dan minuman, serta alat-alat olah raga.
      ISE ke-5 direncanakan akan diselenggarakan pada tanggal 19 hingga 24 September 2005, juga di Sharjah, PEA. (t.fa/m012/19:50) (T.F001/B/M012/M012) 22-05-2005 19:58:00

No comments:

Post a Comment