Wednesday, August 20, 2008

PENUTUPAN OLIMPIADE AKAN TINGGALKAN KENANGAN INDAH

   Beijing, 20/8/2008 (ANTARA) - Seperti halnya atraksi pada upacara pembukaan Olimpiade 2008 yang mencengangkan dunia 8 Agustus lalu, China menjanjikan upacara penutupan 24 Agustus nanti juga akan meninggalkan kenangan indah dan menakjubkan bagi penduduk dunia.
    "Upacara penutupan akan memberikan kenangan yang menggembirakan dan menakjubkan bagi semua orang," kata Wakil Ketua Pelaksana Panitia Olimpiade Beijing (BOGOC) Jiang Xiaoyn kepada wartawan di Beijing, Rabu.

    Hingga empat hari menjelang acara penutupan, China masih terkesan merahasiakan atraksi yang akan ditampilkan selama acara penutupan. Jiang juga menolak untuk menjelaskan lebih lanjut tentang acara pada hari Minggu mendatang tersebut.
    "Tunggu saja nanti," katanya kepada 65 wartawan dari 17 negara Asia yang diundang oleh Beijing International Media Center (BIMC) untuk melihat kegiatan sosial dan budaya di Beijing dan Tianjin selama Olimpiade.
    Pada acara pembukaan Olimpiade lalu, Pemerintah China menampilkan atraksi menakjubkan yang mengkombinasikan penampilan perjalanan sejarah dan tradisi China dengan kecanggihan teknologi.
    Ia mengungkapkan kegembiraannya bahwa pelaksanaan Olimpiade selama 13 hari terakhir berlangsung dengan lancar, aman dan mendapat dukungan penuh dari rakyat China, khususnya penduduk Beijing.
    "Sekitar 2.000 hingga 3.000 kegiatan budaya diadakan di Beijing selama Olimpiade," katanya.
    Penyelenggaraan Olimpiade ini telah memicu modernisasi dan internasionalisasi kota Beijing, yang berpenduduk sekitar 15 juta, ujarnya.
    Dari segi pencapaian pada kompetisi olahraga, Olimpiade Beijing juga mencapai sukses yang berarti, terbukti dari pecahnya beberapa rekor dunia dan 60 negara telah memperoleh medali sejauh ini, katanya.
    Olimpiade Beijing diikuti oleh 204 negara dan diliput oleh sedikitnya 5600 wartawan yang terakreditasi dari berbagai  negara.
(T.F001)
(T.F001/B/T004/T004) 20-08-2008 23:34:52

No comments:

Post a Comment