Friday, August 26, 2005

FORUM AIR ASIA TENGGARAKAN AKAN DISELENGGARAKAN DI BALI

     Jakarta, 26/8/2005 (ANTARA) - Bali akan menjadi tuan rumah Forum Air Asia Tenggara (SEAWF) kedua dengan tema "Pengelolaan Air yang Lebih Baik Melalui Partisipasi Masyarakat", pada 29 Agustus hingga 3 September 2005.
        Forum tersebut diselenggarakan oleh Kemitraan Air Global Asia Tenggara, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, dan Kemitraan Air Indonesia, demikian keterangan pers Bank Pembangunan Asia (ADB) di Manila yang diterima ANTARA di Jakarta, Jum'at.
        Pembicara utama dalam forum tersebut antara lain Erna Witoelar, Dubes Khusus PBB untuk Tujuan-tujuan Pembangunan Milenium (MDG) di Asia dan Pasifik, yang akan membahas mengenai "Membangun Dukungan Politik untuk Reformasi Penyediaan Air dan Sanitasi".
        Pertemuan tersebut akan dibagi menjadi tiga sesi yang masing-masing akan memfokuskan pada upaya untuk memajukan agenda nasional mengenai air, mengelola sumber daya air di wilayah sungai, dan mengelola sumber daya air di kota-kota yang sedang berkembang.
        Wilayah Asia dan Pasifik sedang menghadapi masalah yang serius menyangkut penyediaan air karena sekitar 700 juta orang belum memperoleh akses untuk mendapatkan air minum yang aman, dan 2 miliar orang belum dapat menikmati fasilitas sanitasi yang layak.

        Forum Air Asia Tenggara yang pertama diadakan di Thailand pada bulan November 2003 dengan dukungan ADB, dan menghasilkan sejumlah rekomendasi antara lain perlunya menjamin partisipasi semua pihak, termasuk masyarakat, dalam pengelolaan dan pembangunan sumber daya air. (tz/f001/) (T.F001/C/Z002/Z002)

No comments:

Post a Comment